Dokumen kurikulum PS yang memuat aspek-aspek sebagai berikut:
Mata kuliah beserta karakteristiknya, yang meliputi: kode mata kuliah, jenis mata kuliah, bobot mata kuliah, unit penyelenggara, kesesuaiannya dengan CPL, dan ketersediaan RPS
Tabel 6.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan RPS
Tabel
Dukungan UPPS terhadap pengembangan (perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian) kurikulum PS, disertai dengan dokumen yang relevan, seperti rencana strategis (renstra) dan rencana operasional (renop). Dukungan UPPS terhadap pengembangan kurikulum PS dapat berupa: (1) pemberian dana; (2) penyediaan pakar yang relevan (seperti mengundang pakar dari luar PT atau berkoordinasi dengan lembaga atau unit terkait dalam PT); dan/atau (3) pemberian asistensi (seperti penyelenggaraan lokakarya untuk menyamakan persepsi.
Strategi PS dan UPPS memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh DTPS (1) sesuai dengan RPS yang telah disusun, dan (2) memiliki sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
Judul penelitian atau PkM, nama dosen, nama mata kuliah, dan bentuk integrasi hasil penelitian dan/atau PkM dalam pembelajaran
Tabel 6.2.5 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran
Tabel
Strategi UPPS dan/atau PT membangun sistem yang handal dan teruji untuk memantau pelaksanaan pembelajaran (yang dilakukan oleh dosen) secara periodik dan konsisten, dengan bukti yang relevan
Pelaksanaan penilaian pembelajaran, minimal dua kali dalam satu semester (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester), dengan menggunakan teknik penilaian yang beragam (termasuk portofolio dan memanfaatkan TIK) dan dilengkapi dengan perangkat yang lengkap:
Proses pembimbingan akademik yang dilakukan oleh Kaprodi/Dosen Pembimbing Akademik (DPA) terhadap mahasiswa yang dibimbingnya
Tabel 6.2.8 Proses Pembimbingan Akademik
Tabel
Tabel
Tabel 6.2.9 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan
Nama Kaprodi/Dosen PA, jumlah mahasiswa yang dibimbing, dan banyaknya pertemuan pembimbingan dalam satu semester
Nama dosen pembimbing tesis, jumlah mahasiswa yang dibimbing, dan banyaknya pertemuan pembimbingan
Tabel 6.2.10 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Tesis dan Frekuensi Pertemuan
Tabel
Kegiatan akademik di luar perkuliahan, seperti konferensi, seminar, lokakarya, pelatihan, bedah buku, dan pertukaran mahasiswa
Tabel 6.2.11 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan
Tabel
Tuliskan nama dosen tamu atau tenaga ahli, nama lembaga, kepakaran/bidang keahlian, mata kuliah, waktu kegiatan, dan bukti kegiatan dengan mengikuti format
Tabel 6.2.12 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli
Tabel
Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik, dan prasarana & sarana pembelajaran di PS, dengan memberi tanda centang (√) pada kolom
Tabel 6.2.13 Kepuasan Mahasiswa
Tabel
Evaluasi terhadap
Tindak lanjut yang telah diambil oleh UPPS dalam rangka meningkatkan kualitas