AKREDITASI PROGRAM STUDI MAGISTER

LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI KEPENDIDIKAN

KRITERIA 6
PENDIDIKAN

6.1 Kebijakan

  1. kebijakan tertulis dalam bentuk peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan pimpinan perguruan tinggi yang mengatur pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan magister,
  2. Sosialisasi
  3. Implementasi kebijakan tersebut.

6.2 Pelaksanaan

6.2.1 Kurikulum PS

Dokumen kurikulum PS yang memuat aspek-aspek sebagai berikut:

  1. Identitas PS
  2. Evaluasi kurikulum dan tracer study
  3. Landasan perancangan dan pengembangan kurikulum
  4. Rumusan visi, misi, tujuan, strategi, dan university value
  5. Profil lulusan dan rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang dinyatakan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
  6. Penetapan bahan kajian
  7. Pembentukan Mata Kuliah (MK) dan penentuan bobot SKS
  8. Matriks dan peta kurikulum
  9. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
  10. Manajemen dan mekanisme pelaksanaan kurikulum.

6.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan RPS

Mata kuliah beserta karakteristiknya, yang meliputi: kode mata kuliah, jenis mata kuliah, bobot mata kuliah, unit penyelenggara, kesesuaiannya dengan CPL, dan ketersediaan RPS

Tabel 6.2.2 Mata Kuliah, CPL, dan RPS

Tabel

6.2.3 Dukungan UPPS terhadap Pengembangan Kurikulum PS

Dukungan UPPS terhadap pengembangan (perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan penilaian) kurikulum PS, disertai dengan dokumen yang relevan, seperti rencana strategis (renstra) dan rencana operasional (renop). Dukungan UPPS terhadap pengembangan kurikulum PS dapat berupa: (1) pemberian dana; (2) penyediaan pakar yang relevan (seperti mengundang pakar dari luar PT atau berkoordinasi dengan lembaga atau unit terkait dalam PT); dan/atau (3) pemberian asistensi (seperti penyelenggaraan lokakarya untuk menyamakan persepsi.

6.2.4 Pemenuhan Karakteristik Pembelajaran

Strategi PS dan UPPS memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh DTPS (1) sesuai dengan RPS yang telah disusun, dan (2) memiliki sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

6.2.5 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran

Judul penelitian atau PkM, nama dosen, nama mata kuliah, dan bentuk integrasi hasil penelitian dan/atau PkM dalam pembelajaran

Tabel 6.2.5 Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran

Tabel

6.2.6 Sistem dan Pelaksanaan Pemantauan Kegiatan Pembelajaran

Strategi UPPS dan/atau PT membangun sistem yang handal dan teruji untuk memantau pelaksanaan pembelajaran (yang dilakukan  oleh dosen) secara periodik dan konsisten, dengan bukti yang relevan

6.2.7 Penilaian Pembelajaran

Pelaksanaan penilaian pembelajaran, minimal dua kali dalam satu semester (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester), dengan menggunakan teknik penilaian yang beragam (termasuk portofolio dan memanfaatkan TIK) dan dilengkapi dengan perangkat yang lengkap:

  1. Kisi-kisi
  2. Aalat penilaian
  3. Rubrik penilaian
  4. Sistem penskoran

6.2.8 Pembimbingan Akademik

Proses pembimbingan akademik yang dilakukan oleh Kaprodi/Dosen Pembimbing Akademik (DPA) terhadap mahasiswa yang  dibimbingnya

Tabel 6.2.8 Proses Pembimbingan Akademik

Tabel

6.2.9 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan

Tabel

Tabel 6.2.9 Jumlah Mahasiswa Bimbingan dan Frekuensi Pertemuan

Nama Kaprodi/Dosen PA, jumlah mahasiswa yang dibimbing, dan banyaknya pertemuan pembimbingan dalam satu semester

6.2.10 Pembimbingan Tesis

Nama dosen pembimbing tesis, jumlah mahasiswa yang dibimbing, dan banyaknya pertemuan pembimbingan

Tabel 6.2.10 Jumlah Mahasiswa Bimbingan Tesis dan Frekuensi Pertemuan

Tabel

6.2.11 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan

Kegiatan akademik di luar perkuliahan, seperti konferensi, seminar, lokakarya, pelatihan, bedah buku, dan pertukaran mahasiswa

Tabel 6.2.11 Kegiatan Akademik di Luar Perkuliahan

Tabel

6.2.12 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli

Tuliskan nama dosen tamu atau tenaga ahli, nama lembaga, kepakaran/bidang keahlian, mata kuliah, waktu kegiatan, dan bukti kegiatan dengan mengikuti format

Tabel 6.2.12 Dosen Tamu dan Tenaga Ahli

Tabel

6.2.13 Kepuasan Mahasiswa

Kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik, dan prasarana & sarana pembelajaran di PS, dengan memberi tanda centang (√) pada kolom

Tabel 6.2.13 Kepuasan Mahasiswa

Tabel

6.3 Evaluasi

Evaluasi terhadap

  1. keberadaan dan kelengkapan kebijakan tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
  2. Sosialisasi
  3. Implementasi kebijakan

6.4 Tindak Lanjut

Tindak lanjut yang telah diambil oleh UPPS dalam rangka meningkatkan kualitas

  1. Keberadaan dan kelengkapan kebijakan tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
  2. Sosialisasi
  3. Implementasi kebijakan
Table of Contents