Kategori
s2pgmi

Interdisciplinary Colloquium Prodi PGMI: Mendalami Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah

Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga menyelenggarakan Interdisciplinary Colloquium dengan tema “Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 16 Juni 2023, pukul 08.30 – 12.00 WIB di Ruang Rapat Utama Lantai 1 Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus 3 UIN Salatiga.

Pembelajaran berdiferensiasi memainkan peran penting dalam memahami keberagaman siswa dan memberikan respon yang sesuai terhadap perbedaan tersebut. Hal ini membutuhkan perhatian penuh dari pendidik untuk memahami dan merespons kebutuhan siswa secara efektif. Dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang profesional, efisien, dan efektif, Prodi Magister PGMI menghadirkan kegiatan Interdisciplinary Colloquium dengan mengundang Dr. Andi Prastowo, S.P.d.I., M.Pd.I sebagai narasumber.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Salatiga, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Salatiga, serta didampingi oleh Ketua Program Studi Magister PGMI, Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I. Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Anisa Fifi, diikuti dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Muhammad Suhardi.

Sambutan dan arahan dari Direktur Pascasarjana UIN Salatiga, Prof. Dr. Phil. Widiyanto, M.A., menjadi poin awal kegiatan. Doa kemudian dipimpin oleh Muhammad Hasan Faizin, S.Pd. Panel Interdisciplinary Colloquium dengan tema “Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah” menjadi highlight acara, dimoderatori oleh Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Prodi Magister PGMI. Dr. Andi Prastowo, S.P.d.I., M.Pd.I, memberikan pemateriannya dalam diskusi ini.

Dengan menggali wawasan dari berbagai disiplin ilmu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks kurikulum merdeka, khususnya di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Melalui kolaborasi antara narasumber, moderator, dan peserta, Interdisciplinary Colloquium Prodi PGMI diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia.