UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Interdisciplinary Colloquium Magister PGMI dengan tema Penelitian Kualitatif

Pada Selasa, 4 Juni 2024 bertempat di Kampus 1 UIN Salatiga Jl. Tentara Pelajar 2 Kota Salatiga, Program Studi Magister PGMI mengadakan kegiatan rutin Interdisciplinary Colloquium dengan tema Metode Penelitian Kualitatif dalam bidang Pendidikan Madrasah. Narasumber utama kegiatan ini adalah Prof. Sri Wuli Fitriati, M.Pd., Ph.D (Prodi S2 PBI, Fakultas Bahasa dan Seni, UNNES) dengan dimoderatori oleh Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si (Sekprodi Magister PGMI UIN Salatiga)

Dalam kegiatan Interdisciplinary Colloquium tersebut dikawal Kaprodi Magister PGMI (Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I) dan dibuka oleh Direktur Pascasarjana UIN Salatiga (Prof. Dr. Miftahuddin, M.Ag) yang menyampaikan salah satunya adalah prinsip riset. Prinsip riset pada dasanya adalah tema yang menarik dan masih ada pada area studi peneliti. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa mulai dari S1 dan pascasarjana.

Pada inti kegiatan ini, Prof. Wuli menyampaian mulai tentang definsi penelitian kualitatif dan apa garis batas yang membedakan dengan kuantitatif.

Prof Wuli menyampaikan ciri penelitian kualitatif diantaranya adalah eksplorasi, mendeskripsikan, dan pemahaman yang keseluruhannya ditentukan oleh Research Question. Beliau juga menyampaikan bahwa hal yang paling wajib dilakukan pada penelitian kualitatif adalah wawancara dan observasi. Pada kegiatan ini juga berlangsung secara interaktif diantaranya adalah pertanyaan dari salah satu mahasiswa yang hadir tentang tantang dalam penelitian kualitatif. Prof Wuli menjelaskan tantangannya adalah harus sabar, berijin, dan perlu dilakukan try out.

Data Collection dalam penelitian kualitatif selain wawancara serta observasi dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya adalah dokumen analisis, open-ended questionaire, dan text analysis. Pada akhir diskusi, Prof Wuli menyampaikan bahwa seorang peneliti harus menyukai apa yg sedang dilakukan. (KW)