UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Review Kurikulum MBKM berbasis OBE

Tiga Program studi dilingkungan Pascasarjana UIN Salatiga (Prodi S2 Ekonomi Syariah, Prodi S2 Hukum Keluarga Islam dan Prodi S2 Tadris Bahasa Inggris) mengadakan kegiatan FGD review Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) berbasis OBE (Outcome Based Education) yang telah disusun dan dikembangkan oleh tim kurikulum masing-masing Prodi pada hari Rabu-Jumat, 21-23 Agustus 2024 di hotel Grand Wahid Salatiga. Kegiatan review kurikulum ini dilakukan guna mereview, dan menghasilkan beberapa pokok poin dalam kurikulum diantaranya Pembaharuan identitas Program Studi, evaluasi kurikulum dan trecer study, landasan perancangan dan pengembangan kurikulum, Rumusan Visi, Misi, Tujuan, Strategi yang dirumuskan oleh Program Studi dan University Value, serta Rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Salatiga yang diwakili Wakil Rektor II Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.Ag., M.A dalam sambutanya menyampaikan  bahwa kurikulum kita perlu memperhatikan kesesuaian dengan perkembangan dan pemberdayaan dalam dunia kerja, dan juga review ini menjadi bagian dari persiapan akreditasi internasional UIN Salatiga. Disamping itu beliau mengharapkan agar nantinya dapat menghasilkan kurikulum yang dapat bermanfaat dan berimplikasi adaptif pada daya saing tinggi untuk kepentingan akademis, masyarakat, agama, bangsa dan negara. Sementara Direktur Pascasarjana UIN Salatiga Prof. Dr. Miftahuddin, M.Ag menyampaikan harapan dalam kegiatan ini dapat menghasilkan kurikulum terbaru yang sesuai dengan harapan perkembangan dan kemajuan dari masing-masing prodi dengan harapan dapat segera terselesaikan dan dapat segera disahkan oleh Rektor untuk dapat diberlakukan dalam tahun akademik 2024/2025 yang akan segera dimulai, hadir pula pada kegiatan ini antara lain Wakil Rektor III UIN Salatiga Dr. Suwardi, M.Pd, Wakil Direktur PPs UIN Salatiga Noor Malihah, P.hD, Kepala Kemenag Kota Salatiga Drs. Wiharso, M.M, Kepala Kemenag Kab. Boyolali Dr. Taufiqur Rahman, M.Ag, wakil Pengadilan Agama Kota Salatiga Adhyani Saleng Pagesangon, S.H., M.H.

Kegiatan yang akan berlangsung secara efektif selama tiga hari ini melibatkan Pengelola masing-masing Prodi baik Kaprodi dan sekprodi, juga Dosen homebase (DTPS), Stake holders, Alumni, Mahasiswa dari masing-masing prodi baik S2 ES, HKI dan TBI. Untuk memperoleh hasil masimal dalam kegiatan ini dihadirkan Nara sumber sesuai dengan bidang ilmu kepakaranya yakni Prof. Nur Hidayah, S.Ag., SE., M.A., M.A., Ph.D dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk  Prodi S2 ES, Dr. Andi Prastowo, M.Pd. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Prodi S2 HKI dan Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si. dari Universitas Negeri Semarang untuk Prodi S2 TBI.

Kegiatan review kurikulum melalui diskusi, pembimbingan dan review bersama tim kurikulum ini, dapat menghasilkan catatan dan masukan baik dari para reviewer, alumni, stake holders untuk meningkatkan kualitas kurikulum MBKM pada ke tiga Prodi Pascasarjana UIN Salatiga ini di antaranya adalah Prodi telah memiliki pedoman implementasi kurkulum MBKM sehingga penerapan kurikulum MBKM pada prodi diharapkan dapat berjalan lancar, CPL dapat lebih spesifik dan sehingga tidak tumpang tindih dengan CPL utama, RPS sebagai bukti pendukung kegiatan implementasi Kurikulum MBKM lebih dapat terukur, merasionalkan kurikulum supaya sesuai dengan MBKM.

Pada kegiatan kali ini, usai pembukaan dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pascasarjana UIN Salatiga dengan Kementerian Agama Kota Salatiga dan Kementerian Agama Kabupaten Boyolali

Dengan harapan Kegiatan review kurikulum MBKM ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar dengan hasil sesuai yang direncanakan. Melalui kegiatan review kurikulum ini juga diharapkan kualitas pembelajaran yang berlangsung nantinya di Prodi-prodi  Pascasarjana UIN Salatiga dapat lebih berkualitas untuk menunjang hasil yang terbaik dan unggul sebagaimana visi, misi dan tujuan UIN Salatiga untuk masyarakat, bangsa dan negara. (Budi Sunarso ES PPs UIN Salatiga).