Logo UIN Salatiga
Pascasarjana
UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Benchmarking Prodi Doktor PAI UIN Salatiga di FITK UIN Jakarta

Jakarta, 9 Juli 2024 – Progam Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Salatiga melakukan kunjukan ke Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan akademik dari sisi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan secara umum dan Pendidikan Agama Islam secara khusus serta memperkuat jaringan akademik antara institusi.

Acara benchmarking ini berlangsung di ruang sidang fakultas FITK UIN Jakarta lantai 2, yang dihadiri dari berbagai unsur pimpinan dan pengelola unit kampus masing-masing, mulai dari direktur pasca, wakil direktur, Dekan, wakil dekan, kaprodi, sekprodi, dan pegawai administrasi hingga perwakilan beberapa mahasiswa. Dalam kegiatan ini, para peserta berkesempatan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam pengembangan kurikulum, metode pengajaran, serta hingga pengelolaan akademik dan administrasi.

Direktur Pascasarjana UIN Salatiga, Prof. Dr. Miftahuddin, M.Ag. selaku pimpinan pascasarjana UIN Salatiga dalam sambutannya menyatakan, “Benchmarking ini merupakan langkah strategis untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di Pascsarjana UIN Salatiga, mulai dari pengelolaan akademik, administrasi umum, keuangan, pengembangan, dan kerjasama dalam berbagai bidang keilmuan. Sehingga dapat memperoleh wawasan baru dan inovatif yang dapat diterapkan untuk memperkuat kualitas akademik dan administrasi pascasarjana UIN Salatiga.

Sementara itu Wakil Direktur Pascasarjana UIN Salatiga, Noor Malihah, Ph.D., menyampaikan FITK UIN Jakarta menjadi Destinasi Benchmarking Pascarjana UIN Salatiga, dikarenakan Langkah pengembangan akademik yang luar biasa, yang telah mampu mengintegrasikan berbagai keilmuan di FITK UIN Jakarta, termasuk akselerasi program pascasarjana dan jalinan Kerjasama dengan institusi luar negari yang terjalin sangat baik.

Dekan FITK UIN Jakarta, Prof. Siti Nurul Azkiyah, M.Sc., Ph.D., menyampaikan, “Kami sangat senang bisa menjadi tempat kunjungan benchmarking pascasarjana UIN Salatiga. Kami berharap melalui pertukaran ide dan pengalaman ini, dapat menjadi langkah strategis dalam melakukan studi tiru dari apa yang telah kami miliki dan lakukan dan UIN Salatiga akan kembangkan. Lebih lanjut Dekan FITK UIN Jakarta menyampaikan bahwa FITK memiliki 18 program studi, diantaranya 12 Program studi S1, 4 Progam Studi S2, satu program studi Doktor (S3) PAI, dan satu prodi PPG. Dalam pengembangan FITK, juga sedang mengajukan proposal pengajuan prodi S3 Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi S2 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), dan Matematika. Jelasnya.

Kaprodi S3 PAI Pascsarjana UIN Salatiga, Dr. Nafis Irhami, M.Ag., MA. mengungkapkan, “Acara ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami dapat belajar banyak dari UIN Jakarta mengenai cara meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di institusi kami. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkala, agar mampu meningkatkan pengelolaan akademik masing-masing kampus, seperti pengujian Disertasi eksternal dan lain sebagainya.

Dengan adanya acara benchmarking Program Studi S3 PAI di FTIK UIN Jakarta dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan ilmu pendidikan agama Islam di Indonesia. Acara ini juga menjadi langkah awal untuk membangun kolaborasi yang lebih erat antara Prodi S3 PAI Pascasarjana UIN Salatiga dengan FITK UIN Jakarta. (KHAN)