Logo UIN Salatiga
Pascasarjana
UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Kukuhkan Pengurus HIMPAS HKI dan Adakan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HIMPAS) Hukum Kelauarga Islam (HKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, berkerjasama dengan Jurnal Ijtihad Fakultas Syariah UIN Salatiga, didukung oleh Progam Pasca Sarjana UIN Salatiga menyelengarakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah untuk kedua kalinya, yang sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2023 silam. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, 6 Januari 2024 bertempat di Fakultas Ushuludin, Kampus 2 UIN Salatiga, mulai pukul 08.30-16.00 WIB dan dihadiri oleh 40 mahasiswa, utamanya mahasiswa Pasca Sarjana HKI UIN Salatiga.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membantu para mahasiswa dapat mensubmit artikel yang sudah dibuat, selian itu juga pelatihan ini mendorong mahasiswa untuk dapat membuat budaya literasi di lingkungan UIN salatiga lebih hidup lagi.  

Kegiatan diaksanakan dalam tiga sesi, yang masing-masing sesi dipandu oleh pemateri yang berasal dari Tim Ijtihad Uin Salatiga. Pada sesi pertama materi Penulisan Karya Ilmiah Jurnal disampaiakan oleh Prof. Dr. Illya Muhsin, M.Si. kemudian pada sesi kedua materi Mencari Jurnal Tujuan dan Penyesuaian Template di sampiakan oleh Dr. M. Choirul Huda, M.H. selaku EIC  Jurnal Ijtihad Fakultas Syariah UIN Salatiga dan pada sesi terakhir materi Pengunaan Mendeley dan Submit Jurnal dibawkan oleh Endang Sriani, M.H. selaku ME Jurnal Ijtihad

Dalam penyampaian ditiap-tiap materi para peserta dibimbing langsung oleh pemateri untuk praktik mengimplementasikan materi yang disampaikan.

Selain kegiatan pelatihan penulisan, kegiatan ini juga dilaksanakan pengukukan pengurus HIMPAS periode 2024.

Noor Malihah, S.Pd., M.Hum., Phd. Selaku Wakil Direktur Pasca Sarjana Uin Salatiga, Menyampaiakan apresiasi dan ucapan selamat kepada para pengurus HIMPAS yang telah diberikan amanat sebagai pengurus HIMPAS periode 2023.”Kami berharap sangat pengurus HIMPAS ini kedepanya dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pegembangan kapasitas, terbukti sudah banyak yang berhasil submit jurnal dari alumni pelatihan tahun kemarin”.

Ketau HIMPAS, Khasan Alimudin juga menyampaiakan bahwa HIMPAS ini merupakan forum untuk berkomunkasi bagi mahasiswa Pasca Sarjana khususnya mahasiswa HKI. “Kedepanya kami harap HIMPAS dapat menjadi ruang komunikasi bagi segenap mahasiswa Pasca untuk saling bahu membahu untuk  kemaslahatan bersama”.

Diakhir penghujung pelatihan penulisan ini, para peserta berhasil mensubmit draft jurnal yang terlah disiapkan sebelumnya. Para pemateri berkomitmen untuk terus mendampingi para peserta hingga jurnal tersebut berhasil dipublikasikan.