Logo UIN Salatiga
Pascasarjana
UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Outing dan Join Class Prodi Doktor PAI Pascasarjana UIN Salatiga dan UIN Jakarta

Jakarta, 10 Juli 2024 – Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Salatiga dan Pascasarjana UIN Jakarta sukses menyelenggarakan kegiatan outing dan join class yang berlangsung di pelataran student area. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan akademis antar dua institusi serta memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada para mahasiswa Prodi Doktor PAI UIN Salatiga dan UIN Jakarta.

Kegiatan ini dimulai dengan sesi outing yang diadakan di kawasan Pascasarjana UIN Jakarta, Para peserta menikmati suasana alam yang asri sambil melakukan diskusi akademis dari berbagai sudut pandang kajian dan pendekatan yang telah dipelajari di ruang kelas secara santai dan penuh dengan keakraban satu dengan lainnya. Hadir dalam kegiatan tersebut kaprodi S3 PAI (Dr. Nafis Irkhami), Kaprodi S2 PAI (Dr. Nursikin), dan beberapa mahasiswa Pascasarjana dari kedua kampus tersebut. Dr. Nafis menyampaikan bahwa “Outing ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama, kreativitas, dan semangat kebersamaan di antara mahasiswa dan dosen”. Ujarnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan join class yang diadakan di kampus Pascasarjana UIN Jakarta. Join class ini menghadirkan beberapa dosen lain dari UIN Jakarta yang memberikan uraian materi terkait dengan integrasi keilmuan berbagai topik terkait Pendidikan Agama Islam. Anzar Aquil Mahasiswa asal India Prodi Doktor UIN Salatiga berkesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai berbagai isu dan perkembangan terkini dalam bidang PAI. Dengan semangat Anzar menceritakan tentang plan riset Disertasinya yang telah memasuki tahap akhir dari penggalian data dan analisisnya.

Prof. Dr. Miftahuddin, M.Ag selaku Direktur Pascasarjana UIN Salatiga, dan Noor Malihah, Ph.D. selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN Salatiga, merespon positif kegiatan tersebut dan menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi ini. “Kegiatan outing dan join class ini memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta. Prof Dr. Miftahuddin menyampaikan, “Kami berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk memperkuat jejaring akademik dan meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi.” Ujarnya.

Sementara itu, Dr. Nafis Irkhami, Ketua Program Studi Doktor PAI Pascasarjana UIN Salatiga, juga mengungkapkan rasa senangnya atas kegiatan tersebut. “Ini adalah langkah positif dalam menjalin kerjasama yang lebih erat antara UIN Jakarta dan UIN Salatiga. Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang PAI.” Ujar Nafis Irkhami.

Para mahasiswa dari kedua belah pihak kampus mengaku sangat antusias dan mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman berharga dari kegiatan ini. Mereka berharap acara serupa dapat terus diadakan di masa mendatang untuk mendukung perkembangan akademik dan profesional mereka. Dengan berakhirnya kegiatan ini, kedua institusi berharap dapat terus memperkuat kerjasama dan menghadirkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan, khususnya di bidang Pendidikan Agama Islam. (KHAN)