Logo UIN Salatiga
Pascasarjana
UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

PRODI S2 EKONOMI SYARIAH MENYELENGGARAKAN KULIAH TAMU DENGAN MENGUNDANG GURU BESAR DARI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Dalam rangka memberikan bekal ilmu yang komprehensif kepada mahasiswa , Program Studi S2 Ekonomi Syariah (Prodi S2 ES) sukses menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu pada hari Jum’at, 9 Juni 2023. Kuliah tamu yang dikoordinir oleh Prodi S2 ES tersebut mengusung tema “Metode Penelitian di Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis Syariah (Memetakan Isu Terkini dan Menemukan Ide Penelitian). Narasumber yang diundang adalah seorang guru besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, yaitu Prof. Dr. Budhi Haryanto, M.M. Hal ini penting dilakukan dalam upaya untuk memberikan bekal pengetahuan secara komprehensif kepada mahasiswa terkait pemahaman tentang metode penelitian, yang endingnya adalah pada penemuan ide penelitian.

Kegiatan kuliah tamu ini dibuka secara langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Salatiga (Prof. Dr. phil. Asfa Widiyanto, M.A). Dalam sambutannya, beliau menjelaskan tentang pentingnya bekal ilmu metode penelitian kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa S2 ES dalam rangka untuk mempersiapkan penyusunan proposal tesis bahkan persiapan untuk melakukan publikasi di jurnal nasional atau internasional. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan Doa yang dipimpin langsung oleh Kaprodi S2 ES (Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar, Lc., M.S.I). Kemudian, dilanjutkan dengan acara inti kuliah tamu oleh Narasumber (Prof. Dr. Budhi Haryanto, M.M), yang dimoderatori oleh Dosen Pengampu mata kuliah Metodologi Penelitian Ekonomi S2 ES (Dr. Edi Cahyono, S.E., M.M). Paparan materi oleh narasumber berlangsung sekitar 2 jam. Dalam paparannya, narasumber meyampaikan materi dengan sangat menarik dan dengan gaya penuh humor sehingga mahasiswa mengikuti kuliah dengan sangat antusias. Salah satu materi yang disampaikan adalah tentang peluang-peluang isu penelitian terkini dalam bidang ekonomi dan proses penemuan sebuah ide penelitian, yang mana dalam proses penemuan ide penelitian dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ilmiah. Setelah acara pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari para peserta kuliah umum terkait paparan materi yang disampaikan oleh narasumber. (ECA)