Salatiga, 17 Juli 2025 — Kalau agama hanya berhenti pada materi pelajaran, maka anak-anak hanya akan menghafal—bukan merasa. Tapi bagaimana jika nilai-nilai religius ditanamkan lewat suasana sekolah yang ramah, teduh, dan penuh keteladanan?

Inilah yang menjadi roh dari disertasi doktoral Imam Subqi, mahasiswa Program Doktor PAI Pascasarjana UIN Salatiga, yang memantik diskusi kritis dalam Ujian Seminar Hasil Disertasi bertema: “Internalisasi Nilai Karakter Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Studi pada Sekolah Ramah Anak SMP di Kota Salatiga.”
Lebih dari sekadar riset, Imam menyajikan refleksi mendalam tentang wajah pendidikan agama kita hari ini yang masih sering kaku, menakutkan, bahkan menjauhkan siswa dari esensi agama itu sendiri.

Riset lapangan Imam Subqi di SMPN 1 dan SMPN 5 Salatiga membongkar satu fakta penting: anak-anak akan mencintai agama bila mereka merasakannya hadir di keseharian. Mulai dari pembiasaan shalat Dzuhur berjamaah, doa, hingga pembelajaran kontekstual yang melibatkan hati dan pengalaman spiritual.
Imam menyebut lima dimensi karakter religius yang berhasil diinternalisasikan: 1) Iman dan takwa sebagai fondasi; 2) Ritual yang membumi dan rutin; 3)Pengetahuan yang tidak menggurui; 4)Spiritualitas yang terasa; 5)Implikasi sosial yang nyata: sopan, jujur, sehat, bersih, toleran. Dan yang paling penting: semuanya dilakukan tanpa tekanan. Sekolah tidak memaksa, tapi mengundang. Tidak mengancam, tapi merangkul.

Seminar hasil ini dipandu oleh Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.A. (Ketua Penguji), Dr. Ruwandi, M.A. (Sekretaris), dan Prof. Dr. H. Abdurahman Kasdi, M.Si., Rektor UIN Sunan Kudus, sebagai penguji eksternal. Hadir pula Prof. Dr. Mansur, M.Ag. sebagai Promotor dan Noor Malihah, Ph.D. sebagai Co-Promotor.
Prof. Abdurahman menyebut disertasi ini sebagai “riset yang bukan hanya relevan, tapi juga bernyawa.” Ia menilai pendekatan fenomenologis yang dipilih Imam sangat tepat untuk menangkap sisi terdalam dari pengalaman spiritual siswa. “Ini lebih dari sekadar data. Ini adalah napas dari proses pendidikan Islam yang manusiawi,” ujarnya.
Setelah dialog kritis selama ujian, Imam Subqi dinyatakan siap menuju tahap Ujian Tertutup Disertasi Doktor. Masukan dari para penguji akan digunakan untuk menyempurnakan karya ilmiahnya, yang punya potensi besar menjadi rujukan dalam pengembangan kurikulum PAI di sekolah-sekolah Indonesia.

Imam mengajak kita melihat bahwa pendidikan agama tidak cukup berhenti di ruang kelas, tetapi harus hidup dalam interaksi, lingkungan, dan pengalaman harian peserta didik. Disertasinya bukan hanya menyoal bagaimana mengajarkan agama, tetapi bagaimana membuat anak-anak jatuh cinta pada nilai-nilai luhur itu—tanpa merasa digurui.
Pascasarjana UIN Salatiga kembali menegaskan komitmennya mencetak doktor-doktor yang tak hanya cerdas berpikir, tapi juga berani bicara dan memberi dampak pada dunia pendidikan.