Dalam upaya menjaring mahasiswa baru, Prodi S2 TBI sekaligus menggelar acara interdisciplinary colloquium. Pada kesempatan ini, Prodi S2 TBI UIN Salatiga mengundang Prof. Sri Wuli Fitriati, M.Pd., Ph.D selaku Guru Besar UNNES dalam Bidang Pendidikan Bahasa Inggris menyampaikan paparan dengan tema “Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Bahasa Inggris Berbasis Teks Berorientasi Luaran”. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus mensosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Prodi S2 TBI UIN Salatiga.
Kegiatan Interdisciplinary Colloquium ini dibuka oleh Direktur Pascasarjana UIN Salatiga Prof. Dr. Asfa Widiyanto, M.Ag., M.A. Beliau menyampaikan jumlah prodi yang ada di Pascasarjana UIN Salatiga termasuk juga adanya kelas bilingual. Selain itu, beliau juga berpesan kepada peserta agar konsisten menulis karya ilmiah terutama yang berbahasa Inggis, hal itu menjadi kebiasaan yang menyenangkan.
Pada sesi kedua, adalah materi sosialisasi PMB oleh Dr. Setia Rini, M.Pd selaku Ketua Prodi S2 TBI UIN Salatiga. Materi sosialisasi ini berisi tentang keprodian S2 TBI dan juga tentang tata cara pendaftaran mahasiswa baru. Beliau juga menyampaikan tentang capaian lulusan S2 TBI dan juga biaya perkulihan. Acara ini dihadiri oleh tim dan ketua MGMP Bahasa Inggris Madrasah Solo Raya, sehingga dirasa tepat terutama apabila para guru mengambil kesempatan untuk studi lanjut di S2 TBI.
Sesi ketiga diisi oleh Prof. Sri Wuli Fitriati, M.Pd., Ph.D. Secara garis besar, beliau menyampaikan tentang luaran publikasi ilmiah mahasiswa adalah hasil diskusi dengan dosen baik dalam perkuliahan maupun thesis. Kompleksitas keterampilan menulis ilmiah secara gariis besar memiliki tiga ranah yaitu communication purposes, generic structure, dan language features.
Hal ini lah yang memunculkan konsep dalam penulisan karya ilmiah baik artikel maupun tesis. Prof. Wuli juga menyampaikan pendekatan pembelajaran penulisan karya ilmiah yang tepat yakni teacher’s scaffolding talk. Hal ini akan menyiapkan fisik dan mental mahasiswa, memotivasi, menerapkan active learning, memberikan feedback, serta refleksi dan tindak lanjut. Hal yang dapat dilakukan antara lain adalah pembelajaran berbasis teks yang dipandu oleh dosen sebagai kegiatan pembelajaran bermakna.
# Setifikat Peserta Interdisciplinary Colloquium dapat didownload DISINI