Logo UIN Salatiga
Pascasarjana
UNLIMITEDDESTINATION
If plane just can take you to specific Country
we can take you to everyplace with knowledge
"postgraduate"
Center of

Green Wasathiyah

Campus
International CLASS
Interdisciplinary COLLOQUIUM
Anualy Interdisciplinary Colloquium with International Guest Speaker
Center for Civilization Studies
cross-science civilization from the center of the civilization-building campus
Previous slide
Next slide

Rektor UIN Salatiga Berhasil Dorong Mahasiswa Kembangkan Bahan Ajar PAI dan Budi Pekerti Siswa SMK se-Kota Salatiga Berbasis Literasi Sains.

Pada hari Senin, 8 Januari 2024, Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Salatiga telah menyelenggarakan ujian tertutup Disertasi untuk mahasiswa Program Doktor PAI atas nama Musbihah, dengan Promotor Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag. (Rektor UIN Salatiga), dan dan Co-Promotor Dr. Fatchurrahman, M.Pd (Wakil Dekan I FTIK UIN Salatiga). Ujian disertasi ini berlangsung selama dua jam (13.30-15.30) di Ruang Sidang Ujian Disertasi Gedung E Pascasarjana UIN Salatiga.

Musbihah, mahasiswi Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Salatiga yang telah menjalani perjalanan akademik yang panjang dan penuh dedikasi, hadir dengan penuh semangat untuk mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Berbasis Literasi Sains dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMK Se-Kota Salatiga. Dalam pembuka sidang ujian tertutup, Prof. Asfa Widiyanto selaku ketua sidang mengapresiasi Musbihah, karena menjadi yang tercepat dalam menyusun disertasi dan bisa memotivasi mahasiswa yang lain, hal ini menunjukkan bahwa promotor dan co promotor disertasi telah berhasil mendorong Musbihah untuk selesai tepat waktu. “ujar Prof. Asfa”.

Dewan Penguji Ujian Tertutup Disertasi Musbihah yang terdiri dari; 1) Prof. Dr. Phil. Widiyanto, M.A. (Ketua Sidang); 2) Dr. Nafis irkhami, M.A. (Sekretaris Sidang); 3) Prof. Dr. Abdul Rohman, M.Ag. (Penguji 1/ Eksternal); 4) Prof. Dr. Mansur, M.Ag. (Penguji II); 5) Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag. (Penguji III); 6) Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag. (Penguji IV/ Promotor); dan 7) Dr. Fatchurrohman, M.Pd. (Penguji V/ Co Promotor), memberikan pertanyaan secara rinci pada disertasi Musbihah, tentang riset yang telah dilakukan mulai dari penguasaan terhadap tema dan fokus penelitian yang dilakukan, metodologi dan teori yang digunakan, temuan utama disertasinya, dan kontribusinya terhadap pengembangan Pendidikan Agama Islam. Dengan kepercayaan diri dan penguasaan terhadap disertasi yang ditulisnya, Musbihah menjawab setiap pertanyaan dengan baik, mencerminkan pemahamannya yang mendalam terhadap materi penelitian yang dilakukannya.

Dalam menyampaikan hasil riset Disertasinya, Musbihah memulai dengan menjelaskan desain penelitiannya adalah Research and Development (R&D) yang fokus pengumpulan datanya berdasarkan instrument pre-test dan post-test penelitian dari kuisioner yang telah ditetapkan, dengan fokus pada lima tujuan penulisan, diantaranya; 1) tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar Paikerti Lisains; 2) Konsep Pengembangan produk bahan ajar; 3) tingkat kelayakan bahan ajar Paikerti Lisains; 4) tingkat kepraktisan bahan ajar Paikerti Lisains; 5) Efektifitas hasil pengembangan bahan ajar Paikerti Lisains terhadap tingkat kemampuan berfikir kritis siswa di SMK se-Kota Salatiga. Hasilnya bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. “ujar Musbihah”.

Prof. Dr. Zakiyyudin, M.Ag. selaku promotor Disertasi, menyampaikan “Disertasi ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan bahan ajar Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Berbasis Literasi Sains dalam menghadapi dinamika perubahan global sehingga butuh penyesuaian yang relevan dengan perkembangan dan perubahan zaman, “Ujarnya”. Lebih lanjut Prof. Dr. Zakiyuddin mengapresiasi disertasi Musbihah, karena telah berhasil mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru PAI dan peserta didik, sehingga mampu memberikan rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan budi pekerti yang diajarkan di Sekolah.

Apresiasi juga disampaikan Dr. Nafis Irkhami, M.Ag., MA. (selaku Kaprodi S3 PAI dan sekretaris Sidang Ujian Tertutup) atas ketekunan dan keuletannya dalam menyelesaikan studi doktoralnya, serta menjadi yang terdepan dari seluruh angkatannya, sembari mengingatkan durasi waktu pendaftaran ujian terbuka, sebagai tahapan akhir dalam studi doktoralnya. Setelah sesi tanya jawab, Musbihah diberikan kesempatan untuk memberikan penutupan, di mana ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama proses studi doktoralnya. Segenap Dewan Penguji Ujian Tertutup, memberikan selamat kepada Musbihah atas kelayakan Disertasinya pada sidang ujian tertutup, dan mampu menjadi yang tercepat dalam penyelesaian setiap tahapan studi di Program Studi Doktor PAI Pascasarjana UIN Salatiga. Semoga hasil penelitiannya dapat menjadi panduan berharga bagi pengembangan Pendidikan Agama Islam di masa depan, dan berharap bahwa ilmu yang diperolehnya dapat bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan Islam. (KHAN)